Home » kuliner » soto daging kuah santan

soto daging kuah santan

November 2007
M T W T F S S
« Aug   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

nyang abis nyahi

  • 77,509 hits

anti kelaparan


Banner by Goenawan Lee

jurnal

nyang abis mampir

Saturday, January 29, 2005

soto daging kuah santan

Syyyhhuup…

Bisa di dapatkan di dapur seleraku, mudah sekali membuatnya. Buat para bujangan resep ini bisa dijadikan contoh sebuah kemandirian, enggak tergantung sama bumbu jadi indofood, apa lagi sama pasangan kita :P. Pertama tama siapkan bahan-bahannya sebagai berikut:
– 500 gram daging khas potong kotak sesuai selera kira1,5-2 cm sisinya
– santan 100 ml, sebaiknya beli aja yg kotakan, kalo harus beli ke pasar trus diperes sendiri gak gunstig.
– ingat ini yg biasanya para bujangan enggak tahu namanya, BATANG SEREH! Beli aja setongkat, trus di bejek biar wanginya keluar, kalo mo irit bisa di belah dua jadi gak usah beli lagi.
– daun salam selembar
– kunyit, di iris2 kemudian di tumbuk, ini digunakan sebagai pewarna alami
– bawang putih, bawang merah kalo gak ada bawang bombay diiris tipis
– jahe, diiris tipis di bejek juga
– lengkuas juga iris aja trus di bejek juga
– cabe merah di haluskan kira2 2 biji, ato sesuai selera terserah!

cara masaknya gini:
– daging yg udah dipotong2 di rebus sampe empuk, masukin juga bawang putih yg udah di iris2 tipis tadi, trus asukin juga garem secukupnya, maksudnya biar bau amis dari daging direduksi, trus kalo ada busa-busa putih pas ngerebus daging di buang pake sendok bisar dagingnya gak amis
– masukin santen, jahe, lengkuas, kunyit, cabe merah ke dalam rebusan daging aduk-aduk trus baru masukin daun salam sama batang sereh, nah biasanya pas batang sereh dimasukkin kerasa deh wanginya …. mmm… mantab luar biasa!! :))
– aduk terus sampe rata
– ini yg gak kalah pentingnnya, oseng brambang yg udah diiris tipis tadi di wajan dengan minyak secukupnya, jangan sampe gosong banget, cukup sampe coklat aja
– trus masukin gorengan bawang tadi ke dalam rebusan daging tersebut, aduk2 sampe rata
– cicipi rasanya, kasih gula secuil aja jgn banyak2, gimana udh enak belom kalo belum di modif lagi tambahkan kaldu sapi kalo perlu
– dah selese, soto daging kuah santan..
– terakhir, buat bujangan.. jangan takut… coba aja pasti berhasil

penutup
– hidangkan panas-panas di mangkuk dengan ditaburi daun bawang, ato seledri, bisa juga ditambahin irisan tomat, emping melinjo huuuuuuuuuuu enak….

selamat mencoba

Dapur selerakU \:D/

About these ads

4 Comments

  1. lei says:

    nyam nyaaammm…

  2. Yoga says:

    What a surprise!
    :)

  3. Puspha says:

    ga ada fotonya yah?

  4. Anonymous says:

    Mau dong..?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: