Home » kehidupan » tips hidup hemat

tips hidup hemat

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

nyang abis nyahi

  • 78,636 hits

anti kelaparan


Banner by Goenawan Lee

jurnal

nyang abis mampir

Merasakan hidup sendiri jauh dari orang tua dan sanak saudara, apalagi hidup ditengah2 komunitas lain dengan corak budaya, bahasa dan etnis yang berbeda tentunya sangat tidak nyaman, tetapi itu adalah sebuah risiko dari seorang perantau. Jika ditanah air tinggal dengan orang tua, segalanya sudah terpenuhi, mau makan tinggal bilang ke emak… lapeer, gak ada duit tinggal minta, trus ngabur alias ngeluyur. Beberapa tahun yang lalu saya berusaha memutuskan ketergantungan finansial saya dengan orang tua. Mulai saat itu saya mandiri, sehingga saya merasakan sekali bahwa cari duit itu sulitnya bukan main, jadi teringat betapa megabesar jasa bapak yang telah banting tulang mencari nafkah untuk kebutuhan sandang, pangan dan papan kami sekeluarga, tentunya budi baik orang tua tak dapat kita balas, hanya yang bisa dilakukan adalah meringankan bebannya, mendoakannya, berusaha hidup mandiri adalah salah satunya.

Berbicara masalah kemandirian, tentunya seorang manusia harus memiliki bekal hidup awal yakni skill/keterampilan dan knowledge/ilmu pengetahuan, ketika manusia telah memiliki bekal tersebut diatas maka dimanapun orang tinggal maka dia akan sanggup menghidupi dirinya bahkan termasuk orang2 sekelilingnya. Orang yang telah mandiri akan berusaha untuk meng-upgrade kualitas hidupnya, ini merupakan sebuah kecendrungan yang natural/sunatullah, bahwa manusia suka akan keindahan, kendaraan yang bagus, rumah yang megah dan pasangan hidup yang cantik. Namun untuk mencapai tujuan dunia tersebut manusia pasti akan dihadapkan oleh masalah2 yang suatu saat kesulitan hidup akan menempa seseorang menjadi seorang yang sabar dan bijaksana.

Saya sedang megalami masa2 sulit itu, tugas akhir yang tak kunjung selesai, semangat yang turun grastis, kondisi finansial yang paspasan sehingga menuntuk kita pandai-pandai memutar otak bagaimana kita bisa melewati kesulitan2 hidup tersebut. Nah.. tip2 dibawah ini adalah sebahagian dari 1001 macam tips hidup hemat.

1. Makan ala kadarnya, mengapa? karena makan adalah salah satu pengeluaran terbesar dari penghasilan kita. Tapi ingat bukan makan asal2an, tetap menuntut 4 sehat 5 sempurna. Memasak dirumah merupakan upaya penghematan karena jika kita keseringan makan diluar tentunya akan 2-3 kali membobok anggaran belanja rumah kita.

2. Kurangi cuci mata, hehehhe :) maksudnya window shopping. Karena keseringan WS ini akan berakibat kita lebih mudah membelanjakan penghasilan kita untuk barang baru. Padahal barang2 yang ada dirumah masih berfungsi dengan baik.

3. Gunakan kendaraan umum, oooo so pasti lah, paling enak disini naik sepeda, kalo cum asekedar keliling2 kota mah gak perlu naik bis, walaupn saya ada tiket 1 semester tapi dimusim panas ini sepeda adalah kendaraan dengan mobilitas tinggi, sekalian berolahraga.

4. Gunakan lampu dengan sensor cahaya, ini sebuah terobosan dalam dunia teknologi sensor. Lampu akan menyala jika ada orang disekitar lampu tersebut, sehingga jika tak ada orang otomatis lampu mati ini akan menghemat biaya pemakaian listrik. Tapi sulitnya diindo pasti kalo rumah gelap ya maling siap2 masuk.

5. Kurangin telfon dan ber SMS ria. Gunakan telfon untuk hal2 yang penting saja, jika kangen telfon saja beberapa waktu sehingga bisa menghemat pengeluaran. Saya mengisi pulsa telfon kadang 6 bulan sekali, telfon ke indonesia/rumah 2 minggu sekali bahkan sempat 1 bulan tak tlp.

6. Jika bisa memasak untuk 3 kali makan, lakukanlah. Kurangi memasak lebih dari 1 kali, sehingga dapat mengirit bahan bakar memasak/minyak goreng, gas, listrik, minyak tanah.

7. Hindari pertemuan2 yang tidak penting, karena biasanya kita harus mengeluarkan uang untuk pertemuan tersebut, ongkos menuju tempat pertemuan, biaya sosial pertemuan (rokok, makan dan minuman) kecuali mereka yang bayarin /gratis) heheheh :)

8. Gunakan barang2 selama masih berfungsi dengan baik, rawat barang2 tersebut sehingga tidak rusak sebelum waktunya.

9. Berolahraga yang cukup menghindari kita mengeluarkan orngkos untuk membayar dokter dan obat, karena kita selalu menjaga kesehatan.

10. Berusahalah untuk berlibur tidak terlalu jauh dari rumah anda, berlibur tidak harus menyewa resort dengan menginap 1 -2 minggu, hidup kan liburan anda dengan mengunjungi orang tua handai taulan kerabat,   sahabat anda atau sekedar menyapa tetangga anda.

kalo ada yang ingin menambahkan silahkan deh……. ditunggu nich.


61 Comments

  1. sakuralady says:

    Saya setuju cari duit susah, dari umur 19 tahun dah kerja dan ga disupport ortu lagi, jadi tau gimana rasanya kaya makan nasi+ lauk cuman skitar 1000rupiah(utk ukuran harga jakarta itu murah bangett khan di tahun 2000, he he..)

    No 5 saya kurang setuju neh, ha ha.. soalnya ortu di Medan tidak bisa berinternet, jadi yah pengeluaran telp saya cukup tinggi. ha ha..
    Tips menghemat lainnya :
    - Beli buku bekas/pinjam dari teman atau perpustakaan / baca di konbini buat komik. he he…
    - Pergi pagi ngampus, pulang malem, selain lebih konsentrasi belajar krn suasana kampus mendukung, juga hemat listrik, ha ha..
    - Pinter2 hunting buat beli bahan makanan pas lagi discount, biasa kalo di Jepun agak malam gitu bisa disc sampe 50%.

    Yah segitu dulu dhe..

  2. edratna says:

    Setuju…mari hidup hemat, tapi tetap bekerja keras.
    Anak-anak saya juga selalu naik angkot, dan setelah tahun kedua kuliah mereka mulai mendapat tambahan uang, dari honor asisten dsb nya…nggak banyak sih, tapi minimal mulai merasakan sulitnya cari uang.

    Saya dulu saat kuliah juga ngirit banget, kost hanya 2 tahun pertama, setelah itu masuk asrama yang murah meriah…jadi ga kaget lagi untuk hidup hemat.

  3. ulan says:

    bener tuh, tips nya enggak cuma buat di luar negri, kost di indonesia juga kudu begitu..
    nasib anak kost..

  4. itikkecil says:

    bagi yang merokok, kurangi pembelian rokok.

  5. Yoga says:

    Kamu beruntung, memutuskan untuk mandiri secara finansial karena keinginan sendiri bukan karena paksaan keadaan. Banyak yang sedari kecil sudah terpaksa mandiri secara finansial karena keadaan. Sekarang sedang sulit Boss? Jangan terlalu sedih dan jangan patah semangat, inilah seninya hidup, dinikmati dulu sambil narik nafas panjang InsyaAllah kesulitan akan membawa kenikmatan. Yang terlihat sukses dan senang saat ini belum tentu tidak pernah mengalami kesulitan sebelumnya. Sing sabar yo! :)

    Ngomong-ngomong soal hidup hemat, kemarin saya baca di Kompas ttg rencana seorang pensiunan pegawai negeri yang masih dikaryakan di department lain–berhemat menjelang kenaikan BBM. Ia merencanakan mengurangi konsumsi rokoknya, dari yang semula (cmiiw) empat pak sehari! dia akan kurangi jadi dua pak saja! (pakai tanda seru karena gak kebayang sehari habis 2 pak apalagi 4 pak). Untuk makan dia tidak memotong anggaran lagi, karena semenjak pensiun ia sudah memangkas anggaran makan siang yang semula 10rb jadi 4,500 rupiah saja. Wow… saya gak habis pikir beliau ini lebih mementingkan asap rokok daripada asupan gizinya. Benar-benar amazing! Saya setuju banget deh dengan saran mbak Itik kecil, mengurangi konsumsi rokok sebagai solusi berhemat.

    Untuk tips yang no. 6, ada baiknya sebelum memasak memilih jenis masakan yang hemat bahan bakar, misalnya menghindari masak pepes ikan yang harus dikukus 8 jam atau masak rendang yang cukup lama. Jika memiliki dana sebaiknya dipikirkan untuk membeli peralatan masak yang hemat waktu dan hemat bahan bakar.

    Tambahan tips yang lain, rencanakan agenda perjalanan sebaik mungkin, misalnya hari ini ada agenda keluar rumah untuk berbelanja atau mengunjungi teman, usahakan supaya waktu dan jalur yang akan dilalui tidak menyebabkan pemborosan bahan bakar dan waktu, atau untuk yang naik angkutan umum bisa mengatur jalurnya agar ongkos yang dikeluarkan efisien.

    hmmm… mentang-mentang nulisnya udah di luar jam kantor jadi panjang banget, mudah-mudahan bermanfaat ya. :)

  6. Fikar says:

    hobi saya ber-SMS ria….hha…..

  7. hanggadamai says:

    wah bener2 postingan yg bermanfaat nih mas ario … :)

  8. indra1082 says:

    TIPS Nya Ngena ditengah krisis ekonomi yg berkelanjutan di Indonesia……..

  9. Rita says:

    Wah Salut mas, InsyaAllah manfaat….

    Lampu sensornya itu loh mas, sini lom ada….(ketinggalan bgt sih ya..hehe)..
    Oya mas, kalo naik sepeda jgn lupa pandangan harus lurus ke depan, gak boleh larak-sana-lirik sini ya kan (ntar masuk got hehe)…(irit bahan bakar .com)hihih

  10. aprikot says:

    untuk nomer satu saya lbh memilih jasa catering dengan budget yang berimbang tentu saja

  11. oRiDo™ says:

    ditengah berkecamuknya seputar kenaikan BBM.. perlu banget nih tulisan ini..
    *walo dari dulu udh hidup hemat.. maka semakin hemat ato terpuruk lah hidup rakyat endonesia*

  12. Yas only says:

    Cayo . . .
    Q stuju ma tips2 diatas sepertinya ga gampang he he he ;-)
    Klw boleh mw nambain diqit
    Mnurut q sie perlu adanya rencana pngeluaran juga biar ktauan brp yg hrs d kluaran dan brapa yg bs disimpan jadi kemungkinan kebocoran rupiah bisa sangat minim ;-)
    Namanya jg manusia qt cuma brusaha smua 4JJl yg nentuin
    Met bejuang dan pantang nyerah
    Sayonara . . .

  13. kaleb says:

    untuk yang nomor 1 sih aq lebh seneng catering murah cuma 3rb sekali makan,klo nmr 5 krg setuju soalx nelpon n sms itu tuntutan jaman klo qta g smsan or telpon otomatis qta bakln slt komuikasi brg temen2 pdhl itu pentong lho otung sosialisasi

  14. shun says:

    wah makasih nih tips nya

    aku anak kost sih, kl masak agak repot juga.. tp tips2 laen sangat membantu, makasih ya…

  15. Ismail says:

    thank you…………
    soalnya sekarang saya lagi mencoba hidup hemat

  16. krismariana says:

    tambah boleh nggak mas?

    “milikilah rasa cukup.” gitu aja deh…

  17. indiecalista says:

    salam semuanya!. saya jhody dari makassar
    tambahan tips, ini pengalaman pribadi dalam berhemat:
    1. numpang sama motor teman kalo mo ke satu tempat
    2. makan yang hemat itu, pagi2 jam 6 beli nasi kuning, harganya cuma 3000, beli 2 untuk makan siang
    3. buat ngopi, saya beli kopi toraja yang bungkus besar harganya 12.000, cukup untuk 2 minggu. (saya minum kopi 2 kali sehari)
    4. banyak sedekah! kalo duit udah ngepas banget, jalan satu-satunya untuk menutupi kebutuhan adalah sedekah… serius.

  18. iwan p says:

    em.. harus coba ni!!!!!!! tp bisa enggak..???

  19. PLUtoo says:

    yaa bener bgt tuu Gw sabagai prantau ,,,susah senang mah di tanggung sendirii,,

  20. PLUtoo says:

    jngan malu apa yg harus kita kerjakan,,karena selgi di jalan yg benar,jngan pernah takut deech,,,,,

  21. spanyoL says:

    salam semua saya yang bernama

    Nama : Menda SireGar

    Tempat/Tgl : jakarta/02-02-1989

    Status : Lajang

    Pekerjaan : Pertamina Traening & Consulting

    saya juga mersakan apa yg mereka rasakan jauh dari org tua,,,betapa tak sedih nyaa hati kl melihat langit pada malam harii,,hanya air mata yg bisa aq keluarkan,,,
    tapi walau jauh dr org tua aq semangat bekerja,,walaupun jd buruh d pertamina(PTC)….saya harus exstra hemat karena tak slamanyaa senang daa di depan mata,,,,

  22. Iyut Nu cuT3 says:

    Thnk’s y bWt Tipsnya, saya mO coba mUdh”n Bza..

    Boz laen kaLi postingin tips Hidup hEmat Ala anak mUda yG lg Sukanya Hura” ngaBisin Uang OrtU’y…

  23. dique says:

    goood!!!

  24. Wah . . .
    Bgus tuch tipz na,boleh d cba nech.

  25. najih says:

    wahhhhhhh……..boleh juga nih tips tapi palinggggggggg susah itu hemat pulsa

  26. hengky says:

    iy bener tuch….kl kita bekajar hidup hemat cita” insyllh tercapai…berhemat dan pelit tu pnting jg…

  27. manda says:

    klo mw ngerokok ngelinting aja!
    dijamin murah bngt!
    tnggl beli bahan2nya!
    lagian klo ngelinting rada lama jd bs ngurangin kecanduan rokok1

  28. Tambahin mas
    1. Kost sedeket mungkin dengan Kampus biar ga boros ongkos
    2. Nyambi kerja di warteg (makan gratis)
    3. Sering2 hunting acara kondangan… lumayan prasmanan gratis
    4. Jalan kaki bisa lebih ngirit onderdil sepeda…
    5. Katakan tidak untuk nongkrong (buang waktu dan biaya)

    Finally, postingannya Top Banget…
    isinya unpredictable content…
    keep post

  29. Anonymous says:

    wah….
    seteju bgt ne..perlu di coba tips nx..
    moga2 jitu………..

  30. ARdi says:

    Nomor 5 Tidak setuju
    sekarang sms an murah banget ………………….

  31. Harry Wb says:

    Mungkin hemat sangat perlu tapi inget saat berhemat kita juga harus membahagiakan diri kita mungkin tidak sebulan sekali atau setahun sekali, puasakan diri kita apa yang kita inginkan dan lakukan, karena jika kita terlalu berhemat kita juga berhemat kebahagian pribadi kita emh saya sekali kan padahal hidup hanya sekali.

  32. fadli mantry says:

    makasi mas aryo,,tips bgs bnget,,kalw masi ada yg lainya tolong d tambahkan comenya,spya smakin bnyak kita mendptkn ilmunya.

  33. hendri says:

    kok ada yha org Indonesia yang menyebut negaranya sendiri dg “Indo”

    “. . . Tapi sulitnya diindo pasti kalo rumah gelap. . . ”

    Walau udah di luar negeri, kamu tuh harusnya tetep menghormati negara asalmu, jangan sombong yaa!!!

  34. lukman hakim says:

    bagus banget tipsnya. tapi gimana ya sebenernya ingin ngirit, tapi selalu ada aja pengeluaran yang tak terduga. jadinya lum bisa hemat. palagi kau mlam minggu banayka acra.

  35. tiara says:

    semua mudah.
    tapi cuci mata sama sms dan telfon”nannya kayanya berat deh :D
    ada yg lebih mudah?

  36. PDJ says:

    Sebenarnya hidup hemat itu mudah asal kita konsekuen…
    Misalnya pendapatan per bulan 2 juta,kalau biasa dia nabung setengah dari pendapatannya per bulan yah sudah beararti sisanya di pake buat kebutuhan sehari-harinya apapun yg terjadi jangan pernah ambil uang yg sudah di tabung..hehehehe

  37. THIYANLIV@YAHOO.COM says:

    BETUL

  38. waduh itu btul sekali. coba deh mulai skarang ips ya!coba

  39. yuda says:

    tips’y kan aku coba di kehidupan ku skarang,,,,,
    karna aku ni katagori orang yng sngat boros & susah mengatur keuangan

  40. Gugun Andrew says:

    makasih ats masukn’y…………..moga hri” sya lbih bak g …………………………..am,,,,,in

  41. Andika Bae says:

    NiCe ……………. BetuL sekali .

  42. Anonymous says:

    betul
    bisa di terapin tuu

  43. novi says:

    betul
    bisa di terapin tuu

  44. Anonymous says:

    memulainya ini yang sulit gan…..

  45. Dop Se says:

    yupzz,,,,,awalny emang sulit,,tapi klu kita biasakan,,lama2 juga jadi kebiasaan…..!!!!

  46. tips yg singkat padat dan mengena…

  47. Karir Gue says:

    semua bergantung niat dan kebiasaan

  48. Kisah Islam says:

    mulai hidup hemat dari sekarang

  49. jauhari m says:

    tips hemat-nya sangat inspiring ..
    memang butuh keberanian dan niat,
    jika dilaksanakan pasti hasilnya terasa.

    salam kenal ..

  50. Dinii says:

    makasiih tips nyaa ^^

  51. Wah, Thanks ya, Tipsnya bermanfaat bngt buat saya..

  52. Anonymous says:

    mandiri hdp yg kokoh

  53. Anonymous says:

    mandiri hdp yg kokoh

    bye hisyam algatfan

  54. apedh says:

    wahhh . kayanya gue musti coba nee

  55. Auri Kasturi says:

    hemat pangkal kaya! asal jangan pelit, hehe

  56. Anonymous says:

    sy sedang belajar hidup hemat mulai dari sekarang, dan harus bsa! dengan selalu bersyukur dan merasa cukup tentunya…

  57. parfum says:

    wah aku biasanya suka ngumpul2 mlulu sama temen2. itu yang paling besar faktor nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: