Home » pendidikan » (mungkin) cuma indo aja sekolah negeri sd-smu bayar!

(mungkin) cuma indo aja sekolah negeri sd-smu bayar!

January 2009
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

nyang abis nyahi

  • 78,371 hits

anti kelaparan


Banner by Goenawan Lee

jurnal

nyang abis mampir

Karena banyak bergaul dengan mahasiswa dari berbagai negara, aku jadi tahu waktu mereka mengenyam pendidikan dasar sd-sma pada gratis semua, tak terkecuali negara2 miskin, bukan monopoli negara maju aja loh pendidikan gratis. Ambil contoh, maroko yang negaranya miskin punya. Negara2 teluk, udha pasti gratis jangan tanya wongjuragan minyak. Eropa? lah iya lah khan pusat science dan technology. Afrika wah barusan di bahas kemaren, seluruh jazirah arfika gratis kali, yang pasti afrika utara gratis, mesir yg dulu anak indo ampe sekarang buanyak banget menimba ilmu disana. Cina, india, iran, aku tanya langsung dari temanku yang dari sono, ya gratis juga, bahkan di iran kuliah juga gratis, weleh….

Kalo kuliah gak semua negara daratan eropa gratis, jerman aja udah bayar hampir semua negara bagian, gak besar sih buat orang sana, lah udah kaya. 500€ satu semester mah just a piece of cake! Prancis bayar kyknya… cuma gak mahal, belanda bayar udah mulai mahal. Inggris jangan tanya cuma orang indo kaya aja yg bisa sekolah disana. Dan kualitasnya jangan tanya, top2 semua dari politekniknya sampe universitas, khusus jerman ya. Kalo prancis tanya mas adhiguna aja. Herannya ada negara di anatar 2 benua dan samudra biaya kuliahnya selangiiiiiiiiit, tapi kualitasnya termehek2. Gaji profesornya setara dengan gaji IT helpdesk, apa kata dunia! Jadi 2009, kalo mau dipilih, jangan cuma janji2 kosong buktikan dengan amal nyata, kalo pendidikan SD-SMU bisa gratis. Kalo enggak, ya sampai kapanpun bakal gini2 aja, keadaan negara tsb gak akan pernah berubah.

About these ads

18 Comments

  1. ulan says:

    in my dream.. hehehehe

    halo none, wie gehts? mudah2an bisa menjadi kenyataan.

  2. agoyyoga says:

    Di Indonesia, yang pendidikan dasarnya nggak gratis, gaji dan tunjangan guru negeri sering lupa, atau nggak cukup anggarannya, nah kalau digratiskan, “begimane” nasib guru-guru? Bagaimana menghidupkan laboratorium? Bagaimana memperbaiki sekolah yang rusak? Serba salah kaprah, dan makin hari makin kompleks karena kesalahan yang berlarut-larut.

    2009 mau milih siapa? Ada yang pilih Golput? Ada? :D

    Ya gitu deh, bagusnya masyarakat juga swadaya membantu pemerintah, nah loh…. khan itu tugasnya pemerintah, aduh mas…. pemerintah sibuk dengan urusannya, apa lagi bentar lagi pemilu.

  3. nd1 says:

    Lo?bukannya di jkt sd-smp gratis?

    emang. Keren ya jakarta, daerah lain gigit jari.

  4. adhiguna says:

    Di Perancis pendidikan juga tidak mahal, dari SD sampai SMU gratis.

    Untuk perguruan tinggi satu tahun sekitar 300-500 euro untuk bachelor-master Universitas dan 500-1500 euro
    untuk Grand Ecole (Bahasa Perancis). Untuk bahasa Inggris, master sekitar 10rb euro/tahun.

    Untuk doktor sekitar 400 euro setahun, tapi biasanya dapat beasiswa.

    Setiap warganegara Perancis yang paling miskinpun bisa sekolah sampai doktor jika dia mau.

    Kualitas Universitas di Perancis sangat terjaga dengan baik, terutama di Grande Ecole dimana praktek dan teori sangat berimbang. Di Indonesia saya lihat banyak mahasiswa teknik Elektro, bahkan dari Universitas/Institut ternama tidak bisa melakukan hal-hal teknis paling sederhana seperti menyolder dan meng-etsa rangkaian IC.

    Di Perancis tiap mahasiswa Elektro setaraf Licence (bachelor) dan Grande Ecole (setaraf master) hampir pasti bisa, karena ada praktik elektronika yang cukup intensif.

    Jangankan mahasiswa elektro, mahasiswa Informatique Industriel saja, fasih dalam membaca rangkaian
    elektronika, mendesign IC dan merangkai IC, juga menggunakan peralatan seperti Oscilloscope.

    Mahasiswa mecanique (teknik mesin) saja, bisa elektronika sederhana, demikian juga mahasiswa Elektro, bisa mekanik
    sederhana.

    Kalau teori jangan tanya di Perancis, teori yang yang diajarkan sangat advanced. Orang Perancis sangat menyukai matematika, sehingga kalau mau sekolah di Perancis math kita harus kuat.

    Ujian SMU saja susah setengah mati (lihat contoh ujian SMU Perancis di blog saya). Ujian masuk Grande Ecole apalagi,
    hanya buat mahasiswa-mahasiswa terpilih yang mempersiapkan diri dari kecil.

    Matakuliah di Perancis sangat banyak,ujian teori di Universitas/Grande Ecole Perancis sangat komplex
    dan mendapatkan nilai bagus juga sulit.

    Mengulang di tahun kedua adalah hal biasa di master Perancis, seperti halnya Jerman (tolong konfirm mas
    Resi), kalau ujian tidak lulus dua kali, maka mahasiswa akan drop out dan tidak bisa melamar jurusan yang sama diseluruh Perancis.

    Berbeda dengan PT di UK atau US, research center di Perancis biasanya otonom dan terpisah dari Universitas/Grande Ecole, karena itu kegiatan research postgrad biasanya tidak berhubungan dengan Universitas, sehingga terkadang ini mempengaruhi peringkat Universitas Perancis di level Internasional yang menitikberatkan pada komponen research. Makanya kita lihat Peringkat universitas di Perancis di level internasional tidak terlalu bagus.

    Info lengkap mengenai pendidikan Perancis bisa dilihat di Blog saya.

    Kalau pendidikan di Indonesia, saya sudah tidak bisa komen apa-apa lagi deh, sudah bayar mahal, kualitasnya tidak terjamin.

    Beberapa PT top di Indonesia kebanyakan hanya mengandalkan kualitas mahasiswa saja, PT yang menerima input yang bagus ya pasti keluarannya bagus, tidak ada yang perlu dibanggakan dari situ.

    danke boss atas infonya, lengkap sekali.

  5. Ria says:

    turut sedih dengan keadaan bangsaku :(
    makanya mas…kami menantimu pulang untuk membangun bangsa ini…biar pemikirannya berubah sedikit…

    kayaknya yang bisa ngubah suatu bangsa bukan bangsa lain deh, yakni bangsa itu sendiri, kita disini cuma berkewajiban menuntut ilmu, kalo ornag indo mo nerima ilmu2 kita sukur… kalo enggak ya gak apa2.

  6. Ratna says:

    Anak sulung saya SDnya gratis lho… SD negeri…
    Nggak tahu nih, SMP nanti ada yang gratis ngga ya? Tapi sepertinya nggak mungkin… :(

    SD-SMU wajib gratis… jadi semua rakyat bisa sekolah! pandai, setelah itu terserah anda, mau kuliah apa kerja.

  7. elindasari says:

    Hem, setahu saya ada SD gratis di Jakarta, jumlahnya sedikit sekali nggak banding dengan permintaan, dan mutunya ???, dan sepertinya juga nggak sampai gratis-tis nggak bayar sama sekali, krn tetap ada utk bayar ini itu meski kecil (cerita temen). Terpaksa dech buat anak, saya nyari sekolah swasta yang bayarannya lumayan mahal Mas Ario. Tapi apa boleh buat.

    Pengennya di Indo mulai TK sampe kuliah gratis dan mutunya bagus. Tapi sepertinya masih mimpi. Lihat saja kelakuan para koruptor2 itu, membuat hati menangis darah. Kayaknya negeri ini sudah krisis manusia yang berakhlak & bermoral baik, Mas Ario.

    Hehehe, jadi curhat dech…

    Best regard,
    Bintang

    http://elindasari.wordpress.com

    gimana caranya deh pokoknya SD-SMU harus gratis, kalo ada pemimpin yang bisa gatiskan saya akan pili, kalo cuma OMDO ya kelaut aza….., masa negara miskin kyk maroko aja sekolah bisa gratis.

  8. Di kota saya sekolah SD gratis, sumpah! beneran nggak bohong. Bohong kan dosa, lagian malu ketahuan Tuhan.

    Salam

    bagus lah kalo gratis, sekalian SMP sama SMU nya…. biar anak2 bangsa pinter semua.

  9. mau gimana lagi,bang
    memang meski begini kali bang nasib termakan janji janji doang
    salam hangat selalu

    gimana ya… aku juga gak ngerti, berdoa aja deh, biar ada pemimpin yang peduli sama kita, orang kecil.

  10. dillah says:

    Hehehehe…mungkin karena anda disana jadi darah anda semakin mudah panas yah mas, kalau kita2 disini sih palingan cuma bisa menghela nafas ajah melihat keadaan…soalnya bingung ga tau harus bagaimana, so ditunggu kehadirannya yah ;)

    Pemimpin negeri ini tersinggung sekali kalau dikatakan pendidikan di negeri ini tidak bagus, namun dia mengirim anaknya untuk sekolah ke luar negeri =)) =))

    ya pengalaman si mas, masa dulu waktu saya SMP guru biologinya gak masuk hampir 1 tahun, guru fisikannya juga gitu untung fisikanya ada yang ganti.
    SMA juga gitu, guru matematikanya gak ada, gimana saya mo pinter.
    kuliah juga gitu pelajaran dasat elektronika dosennya ngilang… ya gitu gimana anak2 mo pada pinter.

  11. achoey says:

    Yayayaya

    Kapan gratisnya ya
    Ada gratis, pungutannya banyak :D

    bro achoy aja yang buat sekolahan, sekalian jadi kepala sekolahnya, biar anak2 ku nanti sekolah gratis.

  12. hilal achmad says:

    ya betul, masak mau sekolah aja susahnya minta ampun, mahal banget, sekolah jadi bukan untuk anak pintar, tapi anak kaya !!

    harus ada break through dari peminpin negeri ini, itu WAJIB, kalo enggak ya gak ada perubahan gini2 aja….. makin merana bangsa indonesia ketinggalan jauh dari cina.

  13. ernalilis says:

    Kabar baik mulai januari 2009 ini smp negeri di jember gratis… tapi.. ehm masih ada saja uang ini itu… Tapi bagaimanapun alhamdulillah sudah berkurang banyak…

    Tapi gak tahu uang masuknya apa ikutan gratis (sssttt…. tahun-tahun lalu mencapai jutaaan lho………, pdhl jember kota kecil…. padahal smp negeri)

    Wis disyukuri saja Mas…

  14. wah..ajiiib..mak nyus banget tuh tempe ma sambelnya..nyammi…
    wah, nggak kebayang eh kalo lama di luar negri sana..mesti kangen berat ama yang namanya kupat tahu, opor ayam., pecak terong..hua hua….
    btw..lam kenal ya bang …^^v

  15. waduh..comentku kok nyasar ?? eh eh..map map..tuh coment yang enaknya makan apa..hehehe..maap ia..^^

  16. Pertama mahal. Kedua, kualitasnya termehek-mehek. Hehehe… Ini Indonesia Bung! Tapi mau pilih yang mana, murah dulu? Atau berkualitas dulu? Soalnya, negara (Indonesia) ini nggak milih dua-duanya, alias cuek bebek aja tuh… Malah bikin UU BHP!

  17. ryn1love says:

    hua…. jd pgn beneran terjun k dunia pendidikan, tapi ya itu… pgn bikin sekolah butuh modal… nah klo di dunia akademisi? kayanya kurang menjamin…. apa hrus ngumpulin modal gede ya baru balik jd pendidik? -_-v

  18. Eva says:

    (Adhiguna)..rencananya tahun depan mau pindah ke perancis ikut suami kerja disana dan skrg sy tinggal dimalaysia,kami indonesian…yang sy akn tanyakan..apakah ank sy boleh masuk sekolah biasa? Karena klu msuk internasional school mahal bnget sekitar 280jt/th..ank sy sd ama sma..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: