Home » kehidupan » Eksploitasi buruh

Eksploitasi buruh

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

nyang abis nyahi

  • 83,491 hits

anti kelaparan


Banner by Goenawan Lee

jurnal

nyang abis mampir

Tanggal 1 may lalu diperingati sebagai hari burus sedunia, pemerintah disini menetapkan hari tersebut sebagai hari libur nasional alias tanggal merah. Berbicara tentang perburuahan, dimana saya adalah seorang buruh juga (baca: working student), tentunya banyak pasal yang harus kita amati, namun kali ini saya hanya akan menyoroti dari beberapa sisi penting saja seperti gaji dan kesetaraan hak buruh. Hal ini sangat penting sebab berbicara gaji buruh tentunya hal ini sangat sensitif dimana perbedaan gaji yang sedikit saja akan menimbulkan sebuah jarak antar buruh juga buruh-majikan.

Ditempat saya bekerja paruh waktu (student tidak boleh full time, kecuali liburan), kala itu gaji yang kami dapat 6,25 euro perjam jika ditukarkan ke rupiah kira2 80 ribu perak. Ini termasuk gaji dibawah upah resmi UMRnya wilayah jerman bagian barat, karena UMR 7,67 euro perjam. Dengan jenis pekerjaan yang sama sebagaimana layaknya pekerja lainnya tentunya ini sangat memberatkan kami, akhirnya kami layangkan keberatan kepada pimpinan perusahaan, dan luar biasanya mereka merespon baik hal tersebut, kita didudukkan satu meja dengan pimpinan, karena mereka sadar student merupakan bagain dari perusahaan, mereka pasti butuh tenaga kita karena jika produksi meningkat dan karyawan sedang ambil cuti libur maka kita adalah penopang jalannya perusahaan, akhirnya mereka menyetujui usul kami dan menaikkan gaji sehingga kami mendapat 7,30 euro/jam plus bonus dari produksi. Hehehe lumayan.🙂 apa lagi kalo liburan tiba dalam sebulan 20 juta perak bisa ditangan.

Ternyata didalam pekik gembira yang kami ekspresikan, salah satu dari pekerja malah bermuka masam dengan kami, lah mengapa ya dia diam dan agak kecewa dari raut muakannya, selidik puya selidik, dia dalah karyawan dari Zeitarbeit, sebuah perusahaan pengumpul tenaga kerja, yang istilah keren dalam bahasa inggrisnya adalah outsourching. ooo alah……… Tiap jam dia hanya mendapatkan 7 euro tanpa bonus apa2. Jangan bicara soal karir deh karena sebagai buruh kecil, perusahaan akan mudah sekali mengganti karyawannya, jika tidak suka dengan kebijakan perusahaan silahkan angkat kaki. Perusahaan akan mudah mencari gantinya. Apa lagi jika buruh itu bernaung dalam perusahaan outsourching, tinggal gigit jari aja deh kalo proyek sudah selese siap2 aja di-kick.

Banyaknya demo2 buruh yang belakangan terjadi di jerman, menandakan aliran modal menuju ke negara yang biaya produksinya dapat ditekan seminimal mungkin, model yang menjadi trend sekarang ini adalah pemindahan pabrik ke china dan eropa timur. Berita yang masih hangat adalah pindahnya nokia jerman ke hungaria, ini menyebabkan PHK ribuan pekerja, dan sangat berimbas terhadap kehidupan orang banyak. Pemilik modal tentunya hanya berfikir keuntungan semata, karena jika mereka memindahkan pabriknya ada 2 keuntungan sekaligus yang mereka raih. Pertama adalah ongkos produksi yang murah karena jumlah jam bekerja yang jauh lebih lama ketimbang di jerman, sebagai informasi jam kerja di sini seminggu 38-40 jam saja, andingkan dengan di cina dan eropa timur yang jauh lebih lama jam kerjanya serta tentunya gaji yang jauh lebih murah. Kedua masalah lingkungan, standar proteksi terhadap lingkungan di eropa barat sangat ketat sehingga perusahaan tidak dapat seenaknya mengeksploitasi alam, tentunya standart tersebut berimbas pada mahalnya ongkos produksi.

Nah sekarang posisi kita sebagai buruh, apakah kita hanya mengandalkan working hard atau ada sebuah kata lagi yang bisa kita tambahkan yakni working smart? Agaknya hal ini bisa menjadi perhatian kita bersama, pintar2 cari peluang untuk berwirausaha, agak tidak menjadi buruh selamanya.


8 Comments

  1. hanggadamai says:

    mungkin kita harus memilih working smart di zaman ini ya..

  2. Wah jadi semangat tuh dapet kata bijak Resi

    Semangat berwirausaha

  3. agoyyoga says:

    Pertama, tulisan-tulisan bagus di blog ini makin hari makin bagus. Keep the good work bro!🙂

    Kedua, setuju sekali dengan ajakan working smart, untuk itu perlunya lembaga-lembaga independen mendampingi kaum buruh, selain untuk membuka wawasan dan mengasah kaum buruh juga untuk membela mereka yang di-zalimi.

  4. Zulmasri says:

    Semoga di Indonesia buruh bisa lebih sejahtera

  5. realylife says:

    kepengennya sich , kita tidak jadi buruh lagi , tapi menjadi intrepenur

  6. edratna says:

    Kita memang tak boleh lagi memikirkan comfort zone….hal-hal yang dulu diinginkan orang dengan menjadi PNS. Nantinya kita harus bekerja smart, punya kualifikasi bermacam-macam sehingga fleksibel jika menghadapi keadaan tak terduga.

    Jadi kita harus selalu berada pada unsecure, agar kita selalu belajar agar bisa menghasilkan lebih baik…..dan belajar disekolah tak ada gunanya tanpa bisa mengaplikasikan dilapangan. Hal inilah yang sekarang hendaknya disadari oleh adik-adik….karena tak boleh hanya mengejar gelar…kalaupun bisa masuk perusahaan, karirnya tak lama…karena begitu ketatnya persaingan untuk meraih posisi, dan perusahaan antinya akan sering dihadapkan pada perubahan organisasi, dan gejala merger, akuisisi nantinya tak terhindari lagi agar perusahaan tetap berkembang.

  7. Paris says:

    wah, klo smua “buruh” berpikiran kyk boss Ario, pasti bakalan sejahtera. tpi masalahnya klo “buruh” apalagi yang indo gak ampe mikir kesana. dapet kerjaan aja udah sukur, kata mereka,hehe.

  8. macth says:

    Hampir smua orang di indonesia menjadi buruh.
    Kalianpun juga pasti juga ingin jadi buruh, klo buruhnya itu adalah buruh negara..
    Heheheheh . . . . . . . . .
    Yang pentung tu qta harus terus selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam hidup qta masing-masing.Apalagi klo qta bisa berguna buat orang banyak,iya kan………?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: