Home » jalan-jalan » oleh2 tamasya…

oleh2 tamasya…

August 2008
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

nyang abis nyahi

  • 83,491 hits

anti kelaparan


Banner by Goenawan Lee

jurnal

nyang abis mampir



Perahu bermuatan manusia berusaha merapat ke pulau ditengah2 sungai rhein, ini sangat membahayakan oleh sebab itu kami tidak menaikinya karena dapat menyebabkan KANKER, anda tahu yg kami maksud😀 hehehe.

Di swiss jalur untuk orang berjalan ditandai dengan bergandennya tangan sang ayah dan anak lelakinya, ini sangat berbeda sekali dengan dijerman yang mengambil simbol ibu dan anak.

Foto diatas adalah oleh2 perjalanan kami ke kota schaffhausen, kota kecil dipinggiran sungai rhein, yang kalo kita telusuri akan bermuara di negeri belanda. Setelah numpang kereta ekonomi ekspress karlsruhe-konstanz, kita tiba dikota tsb dengan menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan. Sampai di stasiun, kita segera disambut petugas perbatasan, mereka memeriksa pasporrt dan tujuan kedatangan kami, gak berapa lama pemeriksaan pun selesai. Mudahnya bagi kami memasuki swiss walaupun swiss bukan negara anggota EU dikarenakan kita memiliki ijin tinggal di jerman. Lucunya orang2 swiss yang akan ke jerman harus membuat visa terlebih dahulu hahahaha kesian bgt😀.

Kotanya bersih, kecil tipikal kota2 di swiss lah…, yakni tingginya standar hidup ditandai oleh baiknya sarana transportasi, kenyamanan, keamanan dan tentunya MAHAL. Bisa dibilang 1.5 kali lebih mahal dibanding biaya hidup rata2 jerman bagian selatan. Kalo di kota kami karlsruhe-red, harga kebab berkisar 3,5-4 €, nah di swiss lebih mahal sekitar 6 Frank swiss (5-6 euro), wah bahaya nich kalo tinggal di swiss berpenghasilan jerman, bisa kere.

Bangunan dan arsitektur rumah2 disana sama dengan jerman, sebab wilayah ini masih dekat perbatasan jerman sehingga bau2 jerman sangat kental, selain itu mereka masih menggunakan bahasa jerman-dialek swiss, yang kalo kita2 denger dahi sambil mengkerat-mengkerut, tanda tidak ngerti.

Setelah ‘terbebas’ dari petugas pemeriksa pasport, kami kebingungan menuju ke tempat tujuan, soalnya tidak ada mesin pembeli tiket otomatis, setelah 10 menit bertanya dan celingak-celinguk kita pun beli di atas bis. Bis disini berbeda dengan di jerman, disini bis2 kebanyakan menggunakan traksi listrik sehingga bis tidak menghasilkan gas buang, astinya bebas polusi dan hemat energi., mirip sekali dengan rapid transport di negera eropa timur.

Perjalanan memakan waktu 10 menit kita pun tiba di halte dan berjalan kembali 10 menit untuk mencapai air terjun tsb. Wah Masyaallah….. luar biasa indah sekali sungai ciptaan Tuhan, air sungai deras terjun kebawah sekitar 50 meter tingginya, sangat deras sekali. Kita pun segera bergegas menuju, mendekati sungai tersebut ceprat-cepret…. photo session dimulai. Eh.. dasar tempat wisata, disana bertemu orang indonesia dari bandung, sedang intern di sebuah perusahaan manufaktur, gak heran sih karena salah satu institusi pendidikan di bandung banyak yang berafiliasi ke swiss-manufaktur, swiss connection lah orang barat bilang.

Setelah mondar-mandir foto2, dan membeli kartu pos hehehe biasa kalo saya bertamasya pasti beli kartu pos, untuk kenang2an, kita pulang.. huhuhu lumayan lelah tapi puas, siap2 untuk menyongsong hari esok yang penuh dengan kejutan.

Sedihnya gak bisa ngajak istri, i am sorry sweet heart😦

~”~

foto sebagian diambil dari http://www.wikipedia.org


13 Comments

  1. yulism says:

    Wah sama mas Ario, saya juga selalu membeli postcard cuma bedanya saya selalu kirim dari tempat langsung biar ada stempel tempatnya ke semua keponakan di Indoensia dan keluarga di Germany. Dan postcard tersebut membuat mereka sengan lho. Terimakasih

    wah beda mbak, maunya sih saya kirim, cuma saya khan tidak berada ditempat itu seharian penuh, mungkin cuma beberapa jam, lalu cabut lagi ketempat lain. Yang penting tempat2 yg saya kunjungi itu ada di post card tsb.

  2. Dino says:

    Foto-foto kotanya kok gak ada nih.. Pingin liat..

    dah dimasukin tuh…

  3. edratna says:

    Wahh Ario….wajahmu kok udah berubah sejak jauh dari isteri…berjenggot….padahal saat nikah keren lho…….hehehe

    iya nich tante, enggak ada yang ngurus soalnya heheheh😀

    Sungainya masih bersih dan indah ya….ga ada sampahnya…

    semua sungai di eropa kyk gini tante bersihhhhhhhhhh

  4. Dino says:

    wah indah sungainya.. ada rumah di pinggir sungai itu milik siapa ya.. enak banget tinggal disitu..

    rumah dipinggir kali tsb adalah istana.. dulu mungkin ditempati seorang raja.

  5. hedi says:

    Wah……. pemandangan yang bagus …..

    iya lah sekali2 lihat ciptaan tuhan… bosen gak sih lihat jakarta yang macet itu???

  6. iya nih indah pemandangannya..

    fikar main kesini dong, jgn cuma main digurun heheheh😀

  7. yodama says:

    SubhanaLloh, indah nian…

    *mupeng*

    indonesia juga indah, sayang dirusak….

  8. elindasari says:

    Wow, pemandagannya keren banget Mas Ario.
    Andai wisata Indonesia bisa diexpose seperti itu yach ?

    Best Regard,
    bintang
    http://elindasari.wordpress.com

    bisa aja kok asal ada kemauan… khan visit indonesia year!!!

  9. yu2n says:

    wiiih udah lama banget ngga liat air terjun euy..🙂
    seru banget disana.. *ngebayangin kapan bisa ke swiss*

    kapan2 mbak Aini diajak juga bos, hehe..

    sebenarnya air terjunnya cuma 23 meter, namun mereka mengeksposnya luarbiasa, punya web sendiri! makannya laku….
    nanti deh istri saya belakangan, wong kebali aja belum pernah.

  10. tutinonka says:

    Berapa suhu udara rata-rata di Swiss? Pastinya jauh lebih rendah dari di Indonesia ya … sehingga udara memang lebih bersih dan segar.
    Di Makassar ada air terjun Bantimurung yang juga sangat indah. Di sana juga terdapat sangat banyak spesies kupu-kupu yang uindah-uindah ….

    rata2 ya hampir sama dengan jerman, cuma swiss agak dingin, 18 derajat lah rata2. Indonesi ajuga gak kalah indah kok, namun kurang diurus aja.

  11. Poppy says:

    Hwaaa…mupeng😦 kapan yaa bisa kesana😀
    Sayang jajanannya mahal banget. Enakan di bandung deh klo gitu😛

  12. novi says:

    wah keren banget yaaaa……

  13. seli_usel says:

    . wew keren banget foto” nya ..

    . apalagi foto” dekat pemandangan yang indah gtu ,,

    . pengen …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: