Home » kehidupan » PEMILU ’09 antara ya, abstain dan secerca harapan

PEMILU ’09 antara ya, abstain dan secerca harapan

November 2008
M T W T F S S
« Sep   Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

nyang abis nyahi

  • 83,491 hits

anti kelaparan


Banner by Goenawan Lee

jurnal

nyang abis mampir

Sebentar lagi pemilu, gonjang ganjing dunia politik semakin meninggi intensitasnya. Masing2 partai politik berusaha sedemikian rupa menarik simpati rakyat dengan berbagai macam cara agar rakyat memilih salah satu diantara mereka. Dari presiden, wapres, mentri anggota DPR pun tidak ketinggalan kaum independen turut serta. Tak ayal muncur pertanyaan, kemana aja mereka selama ini? “kemaren kemane aje bang! ” orang betawi bilang.

Ada yang mengusung dirinya lewat iklan2 bermiliyar ongkosnya, ada yang menjual ideologi bahwa harapan itu masih ada, yang mengaku peduli pada wong cilik pada hal kita tahu mereka adalah orang2 licik juga tidak ketinggalan. Lain lagi dengan incumbent yang gemar tebar pesona, wakilnya yang gemar tuduh sana tuduh sini, komentar sana-komentar sini, beberapa mantan petinggi angkatan  yang bermetaformosis menjadi politikus mengklaim dirinya peduli pada petani, orang miskin di pesisir pantai atau bahkan membuat partai baru karena kendarakan politiknya dimasa lalu sudah penuh “sewa”.

Hohohoh kasihan benar rakyat indonesia ini hidupnya selalu diombangambingkan dan diperdagangkan……😦. Para cendikia sibuk akan urusan kampus, proyek dan nyambi sebagai konsultan, “biar dapur tetep ngebul”, katanya. Pelajar makin gemar tawuran, anehnya kakaknya yang mahasiswa gak mau kalah. Para pekerja professional sibuk cari2 lowongan di LN biar cepat2 minggat dari kapal negeri yang hampir karam ini, yang sudah di LN ogah pulang. Apa lagi yang sedang belajar, berusaha agar setelah lulus tidak segera pulang. Yang lagi thesis makin stress karena tak jelas masa depan setelah lulus dan pulang nanti. TKW tanpa skill memadahi makin banyak di ekspor guna mempergemuk devisa negara. dan lain2. Yang tersisa hanya mbok2 penjual daun pisang dipasar yang hanya  berusaha agar bisa makan hari ini, anak2 kecil yang putus sekolah, gadis2 ingusan yang dijual dan diperdagangkan, bocah2 di perempatan lampu lalin. Dan saya tak ketinggalan…siapa yang peduli!

Akankah pemilu 09 menyimpan secerca harapan, atau hanya pengulangan pesta demokrasi lima tahunan?

Akankah pemilu 09 menghasilkan anggota dewan bijak atau semakin bejat?

Akankah pemilu 09 saya nyoblos atau bolos?

Saya yakin secerca harapan itu masih ada, tapi biarlah rakyat yang menentukan akan masa depannya, sedangkan saya masih ada mengembara, berkutat dengan keseharian yang biasa saja dan sepertinya akan alpa.


11 Comments

  1. ven says:

    mungkin akupun bakal alpa dari pesta ‘pora’ itwu😦

    pa kabar boss??

    akhirnya balik lg ke dunia nge-blog:mrgreen:

  2. agoyyoga says:

    Welcome back mi amigo…
    Belum tahu, apakah nanti akan ikut Pemilu atau nggak…
    Sebelumnya golput mulu.

  3. realylife says:

    kalo saya sepertinya ngga abstein ni mas
    btw maaf ya, aku dah lama ngga mampir ni

  4. Meidy says:

    Wah, blom tau nih mas.. kita liat dulu deh perkembangannya, hehehe.. btw, kok ga pernah jalan-jalan sih..🙂 salam kenal ya..

  5. Ratna says:

    Eh, Ario…
    Welkambek ya. Tadi cuma iseng2 kesini meski dengan bayangan masih ‘under maintenance’

    Sok atuh, ditunggu posting-postingnya lagi…🙂

  6. edratna says:

    Hmm…mikirnya nanti aja..kadang sampai di kotak pencoblosan juga masih bingung….dan akhirnya coblooosss….ehh sekarang rencananya contreng ya.

    Padahal enakan coblos, mencoblosnya bisa semangat….dengan tenaga dalam

  7. elindasari says:

    Wah selamat beraktive ria kembali Mas ARio di per-blogger-an 🙂 🙂 🙂

    Hem, kalau saya terus terang masah bingung Mas Ario mau milih atau abstain. Yah, itu karena sampai sekarang belum menemukan pilihan yang pas orang yang layak disebut pemimpin, hehehe 🙂 🙂 🙂

    best regard,
    Bintang
    http://elindasari.wordpress.com

  8. yainal says:

    ach so.. kapan pulang dan bangun indonesia? ..🙂

  9. Ceaphylyday says:

    I’m just going to post my hello to this. People know me as Mary. Things I like product marketing I’ll be reading more at resibismo.wordpress.com http://downloadpushbuttonmoney.com/download-push-button-money.gif

  10. Anonymous says:

    I like you post,by alway,if you want plz visit my websites:insanity workouts

  11. Needed to post you the tiny observation to give thanks once again for the
    precious guidelines

    you’ve shown on this site. It has been really tremendously generous of people like you to offer unreservedly exactly what many individuals would have

    sold for an e-book to make some bucks for

    their own end, principally now that you might well have done it in case you considered necessary. These basics

    as well served as the good way to realize that other people have the same zeal the same as my own to know the truth good deal more in regard to this matter.

    I’m certain there are some more fun periods in the future for folks who discover your blog post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: